Situ Patenggang

Situ Patenggang, adalah sebuah danau yang menjadi salah satu tujuan wisata di Bandung selatan. Berada di Jalan Raya Ciwidey - Rancabali, desa Patengan Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Apabila anda mencari informasi terkait situ di peta, nama situ ini adalah Situ Patengan, Patengan, Rancabali, Indonesia. Setelah mengunjungi Kawah Putih, jangan lewatkan untuk sekedar berkunjung dan melihat panoramadan keindahan danau yang sangat luar biasa ini. Dari sana, anda tinggal menelusuri Jalan Raya Ciwidey ke arah utara menuju Patengan-Rancabali dengan jarak sekitar 7 km yang memakan 10 menit waktu perjalanan. Untuk lebih jelas, lihat peta penunjuk arah berikut ini:

Lihat Peta Lebih Besar
Keterangan Petunjuk arah:
  1. Dari tempat Wisata Kawah Putih, Jalan Ciwidey, Indonesia.
  2. Bergerak menuju arah barat, dengan jalur Jalan Ciwidey,
  3. Kemudian belok kanan, setelah itu belok kiri,
  4. Anda akan sampai di Situ Patenggang Bandung, daerah Rancabali.
Sepanjang jalan menuju area danau, anda akan melewati beberapa tempat wisata berikut ini: Bumi Perkemahan Ranca Upas, Taman Wisata Alam Cimanggu, dan Perkebunan Teh Rancabali.
Potensi Wisata
Situ PatenggangBerawal dari sebuah legenda dan mitos, nama Situ Patenggang Ciwidey menurut cerita yang beredar berasal dari bahasa Sunda "Pateangan-teangan" yang dalam bahasa Indonesia artinya "saling mencari". Singkat cerita konon legenda ini mengisahkan tentang 2 sepasang kekasih antara seorang prabu yang bernama Ki Santang dan putri titisan dewi yang bernama Rengganis. Mereka terpisah begitu sangat lama, namun rasa cinta yang begitu mendalam antara keduanya, akhirnya mereka memutuskan untuk saling mencari. Pada suatu hari, akhirnya mereka di pertemukan sekitar danau tepatnya diantara sebuah batu. Sampai saat ini, batu tersebut dikenal dengan nama "Batu Cinta". Sang dewi, kemudian meminta sang prabu untuk dibuatkan sebuah pulau diantara danau tersebut. Sekarang, pulau ini dinamakan Pulau Asmara atau Pulau Sasuka.

Mitos Patenggang:
Siapa saja yang singgah di Batu Cinta dan mengelilingi Pulau Asmara / Pulau Sasuka, konon cinta nya akan abadi (hanya menyampaikan cerita, tidak boleh diyakini).
Situ Patenggang Bandung
Kisah inilah ternyata yang salah satunya mendongkrak kepopuleran Danau Patenggang, selain secara fisik memang menarik perhatian para wisatawan lokal dan mancanegara. Sebelum menjadi area wisata danau yang memiliki panorama keindahan alam yang tiada tara, awalnya merupakan sebuah cagar alam atau taman nasional. Pada tahun 1981, Perhutani mengelola dan menjadikannya taman wisata di daerah Bandung Selatan. Untuk melengkapi wisata anda, sekitar situ banyak terdapat kios/warung yang menyajikan makanan dan minuman, jadi tidak perlu repot membawa dan menyiapkannya dari rumah.

Fasilitas Penunjang
Tempat parkir yang sangat luas, toilet dan kamar mandi umum, musholla, toko penjual souvenir, kios / warung makanan dan minuman, gazebo, jasa penyewaan tikar untuk tempat duduk, jasa transportasi air (sewa perahu mengelilingi danau dan mengunjungi Pulau Asmara / Sasuka, serta penginapan.

Akomodasi hotel dan penginapan
Untuk kenyamanan anda dalam menyusuri beragam objek wiata di Ciwidey, kami rekomendasikan untuk menginap dan melepas rasa lelah di Villa Patengan Ciwidey. Selain itu, Kami juga telah mengumpulkan berbagai data dan informasi terkait hotel dan penginapan. Untuk itu, silahkan lihat informasi hotel  di Ciwidey.

Harga tiket masuk
Tiket masuk menuju Situ Patenggang Bandung adalah sebagai berikut:
  • Tiket perorangan: Rp.5000,-
  • Tiket kendaraan roda 2: Rp.2000,-
  • Tiket kendaraan roda 4: Rp.5000,-
  • Tiket kendaraan roda 6: Rp.20.000,-
Harga tiket di atas sewaktu-waktu dapat berubah.

2 komentar:

  1. Di mana kami bisa menghubungi no nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk menghubungi layanan Situ Patenggang dan penginapannya, mbak/mas dapat menghubungi layanan resmi dengan nomor contact: (022) 253-4-517. Terima kasih

      Hapus

Bagai mana pendapat anda tentang informasi ini. Mohon untuk setiap isi komentar tidak menyertakan link karena tidak akan kami tayangkan. Terima kasih banyak dan salam wisata.